get app
inews
Aa Read Next : Mobil Ketua PDIP Parepare Dipastikan Bukan Penembakan, Kasat Reskrim : Retak dari Dalam

Diinisiasi Polres Parepare-Manajemen PSM, Kelompok PSM Fans dan CSM Sepakat Berdamai

Kamis, 02 November 2023 | 10:56 WIB
header img
Pertemuan Dua Kelompok Suporter PSM Makassar Berseteru Sepakat Berdamai di hadapan polisi (iNewsParepare/Andi)

PAREPARE, iNewsparepare.id - Polres Parepare inisiasi pertemuan dua kelompok suporter jelang laga PSM Makassar menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (3/11/2023).

Pertemuan kedua kelompok suporter Pasukan Ramang ini digelar di Baruga Pratistha, Jalan Andi Mappatola, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Rabu kemarin.

Upaya konsolidasi yang sifatnya menyatukan persepsi ini dihadiri LOC Chairman PSM Makassar, Ali Gauli Arif sebagai ketua panitia penyelenggara.

Ketua kelompok suporter yang dipertemukan yakni PSM Fans dan Curva Sud Mattoanging (CSM) diwakili sedikitnya 10 orang dari masing-masing kelompok. 

Sementara itu, pihak Polres Parepare sebagai inisiator Kabag Ops Kompol Burhanuddin sebagai koordinator pengamanan dan Kasat Intelkam, Iptu Adam Sjam.

Ali Gauli Arif, perwakilan Manajemen PSM Makassar dalam pertemuan itu berharap, agar kedua kelompok suporter Juku Eja ini bersatu memberikan dukungan dan semangat besar bagi tim besutan Bernardo Tavares itu.

"Saat ini, PSM sedang membutuhkan dukungan dari kita, khususnya dari PSM Fans dan CSM. Kami dari pihak manajemen sangat berharap setiap laga PSM di Stadion GBH (Gelora BJ Habibie) kembali meriah dengan dukungan dari puluhan ribu penonton fanatik PSM," harapnya Ulli sapaan akrabnya.

Ia meminta kedua kelompok suporter itu kembali bergandengan tangan dalam mendukung kebanggaan PSM Makassar yang saat ini sangat membutuhkan atmosfer dukungan saat berlaga di Stadion GBH.

"Kami minta PSM Fans dan CSM bergandengan tangan mendukung PSM secara totalitas fanatisme tanpa adanya perseteruan, perselisihan atau sikap-sikap perilaku dari anggota kelompok yang dapat menggangu jalannya pertandingan atau pun mengakibatkan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti yang pernah terjadi sebelumnya " ujar Ulli.

Hasil dari pertemuan kedua kelompok suporter itu yang diinisiasi Polres Parepare menyepakati sejumlah hal-hal dengan bersepakat untuk berdamai. Bahkan keduanya meminta pihak kepolisian menjembatani upaya perdamaian melalui Polrestabes Makassar.

"Kami juga minta pak agar difasilitasi, kiranya Polrestabes Makassar dapat mengumpulkan atau mengundang teman-teman CSM dan PSM Fans untuk dimediasi, melakukan pernyataan sikap damai di kota Makassar sebagai tempat basis pendukung PSM," tutur salah satu perwakilan suporter PSM. 

Kesepakatan lainnya yang dicapai adalah penempatan suporter CSM di tribun timur-utara, dan suporter PSM Fans di tribun terbuka selatan. 

Sementara, Kabag Ops Polres Parepare, Kompol Burhanuddin mengatakan, setelah kedua kelompok suporter PSM Makassar ini di mediasi, sepakat untuk berdamai. Keduanya bahkan legowo soal penempatan.

"Setelah kita mediasi, PSM Fans dan CSM menyatakan sikap untuk berdamai, keduanya juga menerima penempatan suporter yang kita sampaikan," katanya.

"Laga PSM Makassar kontra Persija, masing-masing kelompok akan menempatkan 10 orang korlap untuk mengawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan," terang Burhanuddin.

Burhanuddin juga menegaskanbahwa, permasalahan sebelumnya antara PSM Fans dan CSM di nyatakan berakhir dengan damai. 

"Permasalahan lama kita tinggalkan, tidak ada lagi perseteruan antara keduanya. Kami berharap dengan kata sepakat dalam surat pernyataan perdamaian dapat menjadi lembaran baru," tandasnya.

Editor : Andi Ukki

Follow Berita iNews Parepare di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut