get app
inews
Aa Read Next : Jelang Libur Tahun Baru, Basarnas Parepare Pantau Arus Transportasi Laut di Pelabuhan Nusantara

Tim SAR Brimob dan Basarnas Terobos Arus Demi Evakuasi Lansia dan Balita Terjebak Banjir

Sabtu, 04 Mei 2024 | 18:54 WIB
header img
Balita Bersama Ibunya Terjebak Banjir di Kelurahan Salomallori, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap, Dievakuasi Tim SAR Gabungan Gunakan Perahu Karet, (Foto : Istimewa)

SIDRAP, iNewsParepare.id  Tim SAR gabungan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulawesi Selatan dan Basarnas mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Kelurahan Salomallori, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, pada, Jumat malam. 

Sejumlah warga yang dievakuasi menggunakan perahu karet ini diantaranya merupakan lansia dan balita. Proses evakuasi pun berlangsung dramatis, selain arus yang cukup deras, juga minimnya penerangan. 

Demi memgemban tugas yang mulia ini, Tim SAR gabungan terpaksa harus menerobos derasnya arus yang bermodalkan senter dan seutas tali untuk menyelamatkan jiwa warga yang terjebak banjir ini ke dataran yang lebih tinggi.

"Kami melaksanakan evakuasi, ada 8 warga yang kita lakukan evakuasi. Saat ini ada beberapa rumah lagi, yang kita akan melakukan evakuasi. Mungkin waktunta tentatif, dikarenakan ini menyangkut nyawa," kata Komandan Pos Basarnas Parepare, Dadang, Jumat (3/5/2024) malam.

Dia mengimbau seluruh masyarakat Sidrap, untuk terus meng-update perkembangan kondisi cuaca dari BMKG, pasca musibah banjir merendam wilayah ini.

"Kita melihat intensitas cuaca hujan yang sangat deras ini, diharapkan melihat dan selalu memonitoring terkait prakiraan cuaca dari BMKG," imbuh Dadang.

Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Jumat (3/5//2024) dini hari memicu banjir dan tanah longsor di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

Hujan deras yang berlangsung lama mengakibatkan sejumlah sungai meluap hingga memicu banjir di tiga wilayah, yaitu Kecamatan Pitu Riawa, Pitu Riase, dan Kecamatan Dua Pitue. 

Editor : Andi Ukki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut