get app
inews
Aa Read Next : Banjir Melanda Dusun Bamba Pinrang, Jembatan Ambruk dan Satu Rumah Warga Hanyut

Cara Komunitas Rumah Penyu di Pinrang Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Satwa Dilindungi

Senin, 19 Juni 2023 | 22:05 WIB
header img
Anggota Komunitas Rumah Penyu, Renaldi Usai Pelepasan Ribuan Ekor Tukik di Pantai Lowita Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, (Foto : iNewsParepare/Andi)

PINRANG,iNewsParepare.id- Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengajak masyarakat berperan aktif menjaga kelestarian satwa dilindungi yang ada lingkungan kita. Seperti dilakukan Komunitas Rumah Penyu di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan ini.

Komunitas yang satu ini terus berupaya mengajak para wisatawan atau masyarakat yang ada di Pantai Lowita, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, untuk melepas ribuan ekor tukik jenis lekang.

"Ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran diri dari masyarakat agar dapat berperan serta dalam melestarikan satwa yang dilindungi," kata anggota Komunitas Rumah Penyu, Renaldi, Senin (19/6/2023).

Hal itu dilakukan untuk menjaga kelestarian penyu karena maraknya pemburuan telur penyu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

"Hingga Juni 2023 kami berhasil melepaskan sekitar 5 ribu tukik ke alam bebas," ujar Renaldi.

Diketahui, di Indonesia, jenis penyu lekang ini hanya dapat dijumpai di pesisir Pantai Lowita, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Komunitas Rumah Penyu akan terus aktif menjaga kelestarian dengan menjaga telur-telur penyu ini agar tidak menjadi buruan dari masyarakat yang tidak bertanggungjawab.

Sebelum dilepas liarkan ke laut, tukik ini menjalani penangkaran terlebih dahulu di rumah penetasan yang dibangun oleh Komunitas Rumah Penyu.

Editor : Andi Ukki

Follow Berita iNews Parepare di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut