get app
inews
Aa Read Next : Banjir Melanda Dusun Bamba Pinrang, Jembatan Ambruk dan Satu Rumah Warga Hanyut

Ratusan Tukik Jenis Lekang Dilepas Liarkan di Pantai Lowita Pinrang

Senin, 19 Juni 2023 | 13:42 WIB
header img
Para Wisatawan Lepas Ratusan Ekor Tukik di Pantai Lowita, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, (Foto : iNewsParepare/Andi)

PINRANG,iNewsParepare.id - Ratusan ekor tukik di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dilepas liarkan. Tukik jenis lekang itu dilepas liarkan oleh Komunitas  Rumah Penyu di Bumi Lasinrang ini di Pantai Lowita, yang berada di Kecamatan Suppa.

Hal itu dilakukan untuk menjaga kelestarian penyu karena maraknya pemburuan telur penyu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 

"Hingga Juni 2023 kami berhasil melepaskan sekitar 5 ribu tukik ke alam bebas," kata anggota Komunitas Rumah Penyu, Renaldi, Senin (19/6/2023). 

Komunitas Rumah Penyu kata dia, akan terus aktif menjaga kelestariannya dengan menjaga telur-telur penyu ini agar tidak menjadi buruan dari masyarakat yang tidak bertanggungjawab.

"Di Indonesia, jenis penyu lekang ini hanya dapat dijumpai di pesisir Pantai Lowita, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan," ujar Renaldi.

Pelepasan ratusan tukik atau bayi penyu ini lanjut Renaldi, melibatkan wisatawan yang berkunjung ke lokasi Pantai Lowita.

"Ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran diri dari masyarakat agar dapat berperan serta dalam melestarikan satwa yang dilindungi," pungkasnya.

Sebelum dilepas liarkan ke laut, tukik ini menjalani penangkaran terlebih dahulu di rumah penetasan yang dibangun oleh Komunitas Rumah Penyu.

Editor : Andi Ukki

Follow Berita iNews Parepare di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut