get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Parepare Desak Pemerintah Pusat Soal Kejelasan Renovasi Stadion GBH

Pengerjaan Jalan Andi Sapada Parepare Prioritas Wali Kota Parepare Sudah Mulus, Drainase Direhab

Senin, 25 September 2023 | 16:46 WIB
header img
Kondisi Jalan Andi Sapada, Kota Parepare Setelah Diperbaiki, (Foto : Istimewa)

PAREPARE,iNewsParepare.id - Warga jalan Andi Sapada, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, kini bernafas legah setelah puluhan tahun tak disentuh perbaikan akhirnya mulus.

 

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kota Parepare, Widin Wijaya mengatakan, pengerjaan Jalan Andi Sapada merupakan prioritas Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. 

Selain itu kata dia, beberapa ruas jalan lainnya akan dikerjakan dengan anggaran mencapai Rp 6 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) maupun bantuan dari Provinsi Sulawesi Selatan.

"Alhamdulillah pengerjaan Jalan Andi Sapada sudah sudah selesai, akan berpindah ke ruas jalan lain untuk dilakukan perbaikan," katanya Senin 25 September 2023.

Sekadar diketahui, pada 29 Agustus 2023, puluhan emak-emak melakukan aksi protes dengan menebar pot bunga akibat jalan rusak dan berlubang di lokasi ini.

Fina, salah seorang emak-emak waktu itu menuturkan, jalan berlubang di daerahnya itu sudah bertahun-tahun tidak dilakukan perbaikan. Bahkan warga sekitar sudah menambal jalan berlubang itu menggunakan semen.

"Jalan Andi Sapada tahun ini baru sempat dilakukan perbaikan akibat keterbatasan anggaran. Tahun 2022 setelah diusulkan akhirnya bisa dikerjakan tahun ini," tukas Widi.

Lebih lanjut Widin mengemukakan, panjang ruas Jalan Andi Sapada sekitar 240 meter, dengan lebar lima meter hingga bahu jalan. Sedangkan perbaikan lantai drainase, sekitar 125 meter.

"Pengerjaannya tidak hanya berfokus pada pengaspalan semata. Tapi juga drainase kita rehab," ujar mantan Lurah Sumpang Minangae itu.

Terpisah, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, melalui akun media sosial pribadinya menyampaikan, pihaknya saat ini fokus melakukan pengerjaan rehabilitasi jalan.

"Rehabilitasi ruas jalan kota akan terus kita lakukan secara berkesinambungan. Semoga nantinya dapat memperlancar aktivitas masyarakat, salama ki,” ungkapnya.

Proyek rehabilitasi jalan ini bagian dari upaya untuk meningkatkan infrastruktur perkotaan yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi jalan rusak dan memastikan aksesibilitas yang lebih baik bagi warga dan pengguna jalan di kota kelahiran BJ Habibie ini.

Editor : Andi Ukki

Follow Berita iNews Parepare di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut