get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua DPRD Parepare Desak Pemerintah Pusat Soal Kejelasan Renovasi Stadion GBH

Tingkatkan Literasi Emak-Emak Lewat Program Gemar Membaca

Senin, 23 Januari 2023 | 12:01 WIB
header img
Emak emak di Parepare manfaatkan waktu luang untuk membaca buku. Foto : Erwin Eka Pratama / iNewsParepare.id

PAREPARE,iNewsParepare.id-- Puluhan emak emak di Kelurahan Watang Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan memanfaatkan waktu luang mereka dengan membaca buku.

 

Kegemaran membaca buku para emak emak ini dimulai lewat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial oleh Pemkot Parepare.

 

Suasana yang rindang dan sejuk di bawah pohon, membuat emak emak ini betah untuk membaca buku. Berbagai macam buku dapat di akses di perpustakaan itu.

 

Tidak hanya emak emak, para bapak bapak yang sedang menjaga sawah mereka, juga ikut membaca buku.

 

Nur Muhlisa, Lurah Watang Bacukiki, mengatakan Program gemar membaca ini hadir untuk menyasar emak emak, guna menanamkan gemar membaca dari orang tua yang akan turunkan kepada anak anak mereka.

 

"Program ini telah lama hadir di Kelurahan Watang Bacukiki, Alhamdulillah kini telah banyak warganya yang antusias untuk menimba ilmu mereka dengan membaca buku", katanya.

 

Pemilihan tempat seperti di bawah pohon juga menjadi salah satu faktor pendorong agar emak emak ini berlama lama untuk membaca buku.

 

"Di waktu luang, mereka membaca buku di bawah pohon bunne, pohon yang rindang dan suasana sejuk inilah para emak emak ini membaca buku kesukaannya", jelasnya.

 

Berkat program gemar membaca ini, Kini sejumlah orang tua yang tidak sempat mengikuti jenjang pendidikan, telah mampu belajar membaca dan menulis.

 

" Ada beberapa warga kami, yang tidak sempat bersekolah, kini telah bisa membaca dan menulis, mereka memang telah dibimbing oleh anak anak muda di Kelurahan", jelasnya.

 

Melalui Program gemar membaca ini, kini Kelurahan Watang Bacukiki telah menjadi salah satu Kelurahan di Indonesia yang diakui oleh Perpustakaan Nasional RI, yang membuktikan memberikan kemajuan perkembangan literasi kepada masyarakat.

Editor : Erwin Eka Pratama

Follow Berita iNews Parepare di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut