Kabar Gembira, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kembali Menggelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022

Erwin Eka Pratama
.
Kamis, 06 Oktober 2022 | 17:17 WIB
Bank Mandiri gelar kompetisi WMM 2022, wadahi pengusaha muda yang kesulitan cari modal usaha. Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsParepare.id -- Ada kabar gembira bagi pada Wirausaha nih, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kembali menggelar perhelatan bergengsi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) di tahun 2022.

 

Para wirausaha muda tentu tau dong, ajang ini untuk mendukung tumbuh kembang pengusaha muda Indonesia, selain menawarkan banyak bermanfaat yang bisa membantu para entrepreneur terus naik kelas hingga di kancah global, ajang Wirausaha Muda Mandiri ini juga akan memberikan hadiah berupa modal usaha hingga miliaran rupiah loh.

 

Pada tahun ini Wirausaha Muda Mandiri mengusung tema "Bring Back Euphoria! Proud to be Entrepreneur!", dengan ini diharapkan dapat memantik semangat berwirausaha generasi muda Tanah Air untuk membangun negeri.

 

“WMM sudah kita lakukan sejak 2007 yang merupakan program CSR. Targetnya memang Bank Mandiri melihat generasi muda, generasi yang masih mahasiswa, yang harus dikenalkan tentang kewirausahaan," ujar Vice President CSR Department PT Bank Mandiri Diwangkoro Ratam.

 

Diwangkoro menambahkan, ketika mereka menjadi wirausaha muda, mereka bukan hanya menjadi pencari lapangan kerja, tapi juga menciptakan lapangan kerja. Itu mindset yang akan kita rubah melalui ajang WMM 2022 ini.

 

Spesialnya, seluruh peserta akan diuji oleh kegiatan yang dikemas dalam tayangan menghibur dalam format Digital Series. Hingga masyarakat pun dapat merasakan langsung dan belajar bersama melalui platform digital YouTube.

 

"Kenapa kita tidak tayangkan di televisi, karena kebanyakan anak muda mungkin jarang nonton televisi. Yang dilihat malah YouTube atau Instagram, atau sosmed yang lain. Jadi untuk tahun ini memang kita kerja sama dengan MNC juga, namun memang dalam bentuknya adalah video series dan juga expo, inilah yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya," jelasnya.

 

WMM merupakan bukti konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung lahirnya para wirausaha muda kreatif, inovatif, serta berkontribusi dalam perekonomian Indonesia. WMM telah berhasil mewadahi para pelaku usaha usia muda di Tanah Air.

 

Tercatat, lebih dari 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari kompetisi ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta. Salah satu alumni WMM 2018, Malinda Amalia, mengatakan bahwa dia mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti ajang ini.

 

"Wirausaha Muda Mandiri merupakan salah satu program kompetisi yang sangat mendukung para Wirausaha Muda Lokal Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya. Setelah mengikuti WMM, banyak sekali manfaat yang usaha kami dapatkan selain relasi, yaitu bagi pemenang WMM juga berkesempatan mengikuti Business Bootcamp dan mentoring bersama mentor-mentor profesional di bidangnya," jelas pemilik usaha Linean ini.

 

Sedangkan Florentia Jeanne, Alumni WMM 2017, mengatakan dengan mengikuti Wirausaha Muda Mandiri banyak hal yang didapatkan, seperti mendapatkan pelajaran dari pengusaha amatir, hingga menjadi pengusaha profesional.

 

"Terima kasih banyak Bank Mandiri telah menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa bagi banyak Pengusaha Muda Indonesia," ungkap pemilik usaha Noonaku Signature ini.

 

Ajang kompetisi bergengsi ini terbuka para entrepreneur muda yang telah memiliki business existing dengan omzet Rp500 juta per tahun dan telah beroperasi selama 4 tahun.

 

Sedangkan untuk persyaratan umum Side Competition, yakni Santripreneur yang merupakan santri Indonesia baik individu maupun kelompok, yang memiliki ide bisnis. Kemudian Business Plan, yakni WNI pemilik usaha berusia 18 - 35 tahun, pemilik usaha dan bukan reseller dan anggota produk franchise.

 

Adapun kategori WMM 2022, yakni Kategori Boga (makanan dan minuman dine in, minuman kemasan, makanan dan camilan kemasan, Kreatif (fesyen label, entertainment, kesenian dan kebudayaan), Teknologi (digital apps, inovasi teknologi), Sosial (sosial lingkungan, jasa sosial).

 

Selain itu WMM 2022 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Ide bisnis yang cemerlang juga berpeluang untuk memperoleh hadiah dengan total mencapai Rp 500 juta.

 

WMM 2022 juga menyelenggarakan Side Competition yakni Santripreneur dan Business Plan. Berbeda dengan Business Plan yang telah dijalankan pada WMM tahun sebelumnya, Santripreneur merupakan kompetisi baru yang pertama kali digelar pada WMM 2022 ini.

 

Kompetisi Santripreneur ini terbuka bagi para santri di Indonesia yang mempunyai ide bisnis untuk dikembangkan baik secara individu maupun kelompok. Para pemenang kompetisi Santriprenenur dan Business Plan masing-masing akan meraih total hadian ratusan juta rupiah.

 

Yang jelas baik para kategori Business Existing maupun Side Competition: Santripreneur dan Business Plan terbuka untuk para wirausahawan muda maupun yang baru akan merencanakan bisnis. Dengan catatan, sedang tidak mengikuti kompetisi serupa, bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penjurian, memiliki rekening Bank Mandiri dan menggunakan Livin' by Mandiri, hingga tidak pernah terjerat kasus hukum.

 

Seluruh peserta WMM 2022 nantinya akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Sekaligus memperebutkan posisi pemenang dengan total hadiah mencapai Rp 2 miliar.

 

“Tidak hanya sekedar kompetisi, peserta Wirausaha Muda Mandiri 2022 akan mendapatkan banyak ilmu baru. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai pebisnis yang tangguh mulai dari meningkatkan kemampuan branding, komunikasi, hingga strategi marketing lainnya,” kata Diwangkoro.

 

WMM kali ini juga kembali menghadirkan "Festival Expo WMM" yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Dalam Expo kali ini Bank Mandiri mengundang seluruh mitra binaan terbaik Bank Mandiri yang menjadi bagian program CSR perseroan di bidang kewirausahaan seperti WMM, Rumah BUMN, dan Kewirausahaan Petani.

 

"Kita akan melaksanakan secara offline seperti WMM 2018, jadi nanti akan ada expo WMM Livin Fest, yang akan menghadirkan 50 booth dari alumni WMM yang sudah hebat-hebat Expo yang akan diadakan pada 8-10 Desember 2022 mendatang. Ada juga konser musik dan talkshow dari para alumni WMM juga," jelasnya.

 

Selanjutnya, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wmm.id pada 27 September - 27 Oktober 2022. Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional 2 minggu setelah pendaftaran ditutup.

 

Jadi tunggu apalagi, Yuk segera daftarkan diri, kamu bisa mendapatkan kesempatan bergabung dalam komunitas Alumni WMM dan nikmati kemudahan mengakses produk, serta berbagai layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha kamu.

Editor : Erwin Eka Pratama

Follow Berita iNews Parepare di Google News

Bagikan Artikel Ini