Belajar Demokrasi di Rumah Pintar Pemilu Mappamacca KPU Parepare

Erwin Eka Pratama
.
Rabu, 21 September 2022 | 16:12 WIB
komunitas Sahabat Al-Ma'un saat kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu Mappamacca Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Parepare. Foto : Istimewa

PAREPARE, iNewsParepare.id -- Salah satu komunitas kemanusiaan di Parepare, Sahabat Al-Ma'un yang didominasi oleh perempuan melakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu Mappamacca Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Parepare.

 

Kunjungan Sahabat Al-Ma'un ke KPU Parepare untuk belajar mengenai demokrasi dan tentang Pemilu, pada Rabu (21/9/2022).

 

Pertemuan itu berlangsung di Kantor KPU Parepare, di Jalan Bumi Harapan, Keluraha Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat.

 

Andi Hasniar Jufri, Ketua Komunitas Sahabat Al-Ma'un mejelaskan kunjungannya itu untuk bisa menjadi bagian dari jalannya pemilu san jujur dan bersih.

 

"Kita harus melek demokrasi, memahami peran dan fungsi sebagai masyarakat yang memiliki kedaulatan terhadap demokrasi. Selain itu juga menjadi mata demokrasi, yang menjadi bagian dari kemanusiaan itu sendiri, karena didalamnya ada hidup orang banyak yang menjadi taruhan," jelasnya.

 

Andi Hasniar Jufri mengatakan masyarakat harus terus diajak untuk menjaga kebersihan Pemilu dan itu menjadi sebuah kewajiban.

 

"Mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan pemilu adalah kewajiban kita. Karena pemilu yang berjalan dengan jujur, tanpa money politik dan kecurangan maka akan membawa kesejahteraan bagi semua masyarakat," katanya.

 

Sementara itu Firman Mustafa, Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas KPU Parepare, menyebutkan data pemilih perempuan selalu lebih Banyak dan tentunya suara perempuan tentu memberikan pengaruh pada perempuan.

 

"Intinya dari pemilu ke pemilu di Kota Parepare, data pemilih menunjukkan jumlah pemilih perempuan selalu lebih banyak," beber Firman.

 

Firman juga mengatakan perempuan di pemilu akan memberikan pengaruh yang luar biasa di kontks demokrasi di Parepare sendiri.

 

"Secara tidak langsung, bahwa suara perempuan sangat berpengaruh dalam konteks demokrasi di Parepare dan begitu juga dalam konteks melahirkan pemimpin masa depan," kata Komisioner KPU Parepare itu.

 

Lebih jauh, Firman menilai komunitas Sahabat Al-Ma'un merupakan komunitas yang selalu bersama dengan masyarakat dan terlibat dalam penyaluran bantuan-bantaun sosial.

 

"Untuk itu sangat diharapkan agar tetap menjaga integritasnya agar komunitasnya tidak dimanfaatkan oleh kelompok atau salah seorang memiliki kepentingan politik," tambahnya.

 

Dirinya juga mengatakan perempuan-perempuan di Parepare harus sadar dan merubah cara pandangnya tentang pemilu.

 

"Perempuan juga harus sadar dan merubah cara pandangnya , terutama untuk selalu melek politik dan berkiprah diluar," pungkasnya.

Editor : Erwin Eka Pratama
Bagikan Artikel Ini